Selasa, 31 Juli 2012

FUNGSI KOMUNIKASI DALAM RANAH KEHIDUPAN SOSIAL DAN BUDAYA MASYARAKAT (Kajian Hakikat Peran Komunikasi Bagi Manusia)


BAB 1
PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG
Setiap orang memiliki hasrat untuk berbicara, mengungkapkan pendapat, dan memperoleh informasi. Atas alasan itu terciptalah apa yang dinamakan proses komunikasi. Komunikasi di Indonesia tak diragukan lagi telah mengalami perubahan cukup signifikan meskipun perkembangannya tidak sepesat negara-negara lain yang lebih maju seperti Amerika sebagai pusat informasi dunia, Eropa, bahkan mungkin negara tetangga kita sendiri seperti Malaysia. Perkembangan komunikasi merupakan juga perubahan sarana komunikasinya sendiri. Seperti penggunaan radio, surat, telegram, televisi, kini hampir tergantikan oleh handphone, komputer, hingga internet.
Disadari ataupun tidak kita sudah terseret oleh arus zaman globalisasi. Hal ini tentu menuntut keterbukaan di segala bidang termasuk bidang komunikasi. Bila melihat ke beberapa dasawarsa lalu, komunikasi masih sederhana. Sebagian besar bersifat satu arah sehingga komponen yang terlibat dalam sebuah proses komunikasi tidak banyak. Proses tersebut hanya melibatkan seseorang atau kelompok sebagai komunikator dan pihak lain sebagai pendengar. Berbeda halnya dengan saat ini, ketika muncul era reformasi dan timbul berbagai inovasi baik dari kalangan ahli maupun pelaku komunikasi itu sendiri.
Dari segi limu, komunikasi sejak zaman Yunani mulai digunakan manusia untuk mempermudah terwujudnya kepentingan mereka. Ilmu tersebut dikenal dengan ilmu retorika. Sejarah komunikasi menjadi sebuah ilmu tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Sama halnya dengan cabang ilmu lain, ilmu komunikasipun harus melalui penelitian-penelitian sehingga pada waktunya baru dapat disebut sebuah ilmu.
Perkembangan dunia komunikasi di Indonesia memang terbilang lebih lambat daripada negara seperti Amerika. Hal ini dikarenakan beberapa alasan yaitu bahwa di Amerika: memiliki kebutuhan praktis terhadap kajian komunikasi, perhatian yang besar terhadap penelitian ilmu komunikasi, serta adanya pengujian-pengujian kembali (diseminasi) sehingga komunikasi mengalami proses kemajuan yang diharapkan.
Dengan hal tersebut pulalah sangat tergambar jelas bahwa komunikasi itu memang sangat berperan penting dalam kehidupan kita. Bagaimana peran kita sebagai
1
masyarakat sosial juga masyarakat yang berbudaya.

1.2 Rumusan Masalah                              
Berdasarkan uraian diatas maka makalah ini secara husus membahas permasalahan sebagai berikut:
1. Apa itu komunikasi serta kegunaan dalam pembelajarannya?
2. Bagaimana kedudukan, fungsi komunikasi dalam kehidupan sosial budaya masyarakat?

1.3 Tujuan Penulisan
Setelah penulis mencoba memahami akan latar belakang serta rumusan masalah diatas, maka tujuan kepenulisan ini adalah:
1. Mengetahui apa yang dimaksud dengan komunikasi
2. Memahami kegunaan komunikasi dalam pembelajarannya
3. Serta mengetahui fungsi komunikasi dalam ranah social budaya masyarakat

1.4 Manfaat Penulisan
            Memahami makna serta fungsi dari komunikasi, maka penulispun berharap mampu mengaktualisasikan apa yang menjadi fungsi dari komunikasi itu dengan tepat dan benar. Baik itu dalam penerapannya didalam khalayak atau bahkan untuk dirinya.
            Maka, tak ada harapan dan tujuan lain dari penulis menuliskan maslah ini, kecuali guna kembali mengkaji lebih dalam hakikat komunikasi dalam kehidupan. Serta setelah kembali dipahami lebih dalam, maka penulis dan para pembaca yang budiman akan lebih mengenali peran komunikasi. Serta nanti tidsak akan ada penyalah peranan didalamnya. Sehingga fungsi, tujuan komunikasi tersebut berjalan sesuai dengan fungsia dan tujuan awal
                                                                    






2
BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Definisi Komunikasi
Istilah komunikasi sendiri barasal dari bahasa latin “comminis” yang berarti membuat kebersamaan atau membangun kebersamaan antar dua orang atau lebih, kamunikasi juga berasal dari kata-kata dalam bahasa latin communico yang artinya membagi.
Komunikasi Menurut Carel I Hovland, adalah proses dimana seseorang memindahkan perangsang yang biasanya berupa lambang atau kata-kata untuk mengubah tingkah laku orang lain.
Komunikasi Menurut Edward Depari, PH D, adalah proses penyampaian pesan gagasan harapan yang telah disampaikan melalui lambang tertentu yang mengandung arti, dilakukan oleh penyampai pesan (soursce, communication, sender) ditujukan kepada penerima pesan (receiver, komunikan, audience) dengan maksud mencapai kebersamaan (kommunies).
Komunikasi Menurut Wiliam Albig, adalah enoperan lambang-lambang yang berarti bagi individu-individu.
Dari bebrapa definisi di atas dapat dijelaskan bahwa komunikasi adalah proses penyampaian pesan, informasi, gagasan dari seseorang atau (komunikator) kepada orang lain (komunikan). Baik secara lansung maupun melalui media atau alat bantu. Komunikasi akan berhasil apabila kedua belah pihak yakni komunikator dengan komunikan dapat saling memahami pesan yang disampaikan.

2.2 Kegunaan Belajar Ilmu Komunikasi
sebelum melangkah membahas apa itu fungsi komunikasi bagi kehidupan manusia, maka sepatutnyalah kita terlebih dahulu mengetahui fungsi atau kegunaan belajar ilmu komunikasi. Agar apa yang akan kita lakukan atau kerjakan tidak akan sia-sia. Dan agar disamping kita berani berkomunikasi kita memiliki dasar guna ilmu komunikasi itu sendiri.
1. komunikasi adalah fundamental dalam kehidupan masyarakat
Dalam kehidupan kita sehari-hari komunikasi memegang peranan yang sangat penting. Kita tidak bisa tidak berkomunikasi.tidak ada aktifitas yang dilakukan tanpa komunikasi, dikarenakan kita dapat membuat beberapa perbedaan yang esensial
3
manakala kita berkomunikasi dengan orang lain.Demikian pula sebaliknya, orang lain akan berkomunikasi dengan kita ,baik dalam jangka pendek ataupun jangka panjang. Cara kita berhubungan satu dengan lainnya, bagimana suatu hubungan kita bentuk, bagaimana cara kita memberikan kontribusi sebagai anggota keluarga, kelompok, komunitas, organisasi dan masyarakat secara luas membutuhkan suatu komunikasi.Sehingga menjadikan komunikasi tersebut menjadi hal yang sangat fundamental dalam kehidupan kita.
2. Komunikasi adalah merupakan suatu aktifitas komplek
Komunikasi adalah suatu aktifitas yang komplek dan menantang. Dalam hal ini ternyata aktifitas komunikasi bukanlah suatu aktifitas yang mudah. Untuk mencapai kompetensi komunikasi memerlukan understanding dan suatu ketrampilan sehingga komunikasi yang kita lakukan menjadi efektif. Ellen langer dalam Ruben&Stewat( 2005:3) menyebut konsep mindfulness akan terjadi ketika kita memberikan perhatian pada situasi dan konteks, kita terbuka dengan informasi baru dan kita menyadari bahwa ada banyak perspektif tidak hanya satu perspektif di kehidupan manusia.
3. Komunikasi adalah vital untuk suatu kedudukan/posisi yang efektif
Karir dalam bisnis, pemerintah, atau pendidikan memerlukan kemampuan dalam memahami situasi komunikasi, mengembangkan strategi komunikasi efektif, memerlukan kerjasama antara satu dengan yang lain, dan dapat menerima atas kehadiran ide-ide yang efektif melalui saluran saluran komunikasi. Untuk mencapai kesuksesan dari suatu kedudukan/ posisi tertentu dalam mencapai kompetensi komunikasi antara lain melalui kemampuan secara personal dan sikap, kemampuan interpersonal, kemampuan dalam melakukan komunikasi oral dan tulisan dan lain sebagainya.
4. Suatu pendidikan yang tinggi tidak menjamin kompetensi komunikasi yang baik
Kadang-kadang kita menganggap bahwa komunikasi itu hanyalah suatu yang bersifat common sense dan setiap orang pasti mengetahui bagaimana berkomunikasi. Padahal sesungguhnya banyak yang tidak memilki ketrampilan berkomunikasi yang baik karena ternyata banyak pesan-pesan dalam komunikasi manusia itu yang disampaikan tidak hanya dalam bentuk verbal tetapi juga nonverbal, ada ketrampilan komunikasi dalam bentuk tulisan dan oral, ada ketrampilan berkomunikasi secara
4
interpersonal, ataupun secara kelompok sehingga kita dapat berkolaborasi sebagai anggota dengan baik, dan lain-lain. Kadang-kadang kita juga mengalami kegagalan dalam berkomunikasi. Banyak yang berpendidikan tinggi tetapi tidak memilki ketrampilan berkomunikasi secara baik dan memadai sehingga mengakibatkan kegagalan dalam berinteraksi dengan manusia lainnya. Sehingga komunikasi itu perlu kita pelajari.
5. Komunikasi adalah populer
Komunikasi adalah suatu bidang yang dikatakan sebagai popular. Banyak bidang-bidang komunikasi modern sekarang ini yang memfokuskan pada studi tentang pesan, ada juga tentang hubungan antara komunikasi dengan bidang profesiponal lainnya termasuk hukum, bisnis, informasi, pendidikan, ilmu computer, dan lain-lain. Sehingga sekarang ini komunikasi sebagai ilmu social/perileku dan suatu seni yang diaplikasikan. Disiplin ini bersifat multidisiplin, yang berkaitan dengan ilmu-ilmu lain seperti psikologi, sosiologi, antroplogi, politik, dan lain sebagainya

 

2.3 Fungsi Komunikasi dalam Kehidupan Sosial dan Budaya Masyarakat

Manusia merupakan mahluk sosial yang sangat membutuhkan orang lain untuk melengkapi kehidupannya, kebutuhan terhadap orang lain itu juga tidak melulu kebutuhan psikis untuk berbagi dan komunikasi saja, namun juga masalah kebutuhan fisik seperti ketersediaan makanan, minuman, pelayanan kesehatan yang layak, karena tidak mungkin kan, kita mengolah seluruh kebutuhan fisik kita sendirian, seperti kita menyiapkan makanan sendiri, dari menanam tanaman, berburu hewan, memasak dan mengolah masakan, semuanya sendiri.
Kembali lagi ke masalah komunikasi, untuk memenuhi syarat mahluk sosial tersebut kita membutuhkan sesuatu yang namanya komunikasi, komunikasilah yang akan menyebabkan orang lain mengenal kita, tau kebutuhan kita, memahami keinginan kita. Sehingga tercipta interaksi sosial antar individu, antar komunitas, dan bahkan antar kebudayaan di dunia.
Komunikasi juga merupakan skill(keahlian) dasar dari tiap individu di dunia, kita biasanya menemukan bentuk komunikasi dari bahasa lisan, bahasa tubuh, bahasa isyarat, bahasa qalbu, dll yang tentunya baik sumber maupun tujuan mengerti mengenai informasi yang disampaikan.
5
Fungsi komunikasi berupa:
1. control
2. informasi
3. motivasi
4. ekspresi emosi

1. Fungsi kontrol
Komunikasi dalam pandangan fungsi kontrol adalah sebagai cara untuk mengetahui apakah orang lain tetap sesuai pada jalur yang di tetapkan oleh kita atau tidak, dan juga mengetahui bagaimana keadaan orang lain sehingga kita bisa memutuskan sesuatu yang sesuai dengan keadaan orang tersebut.
2. Informasi
Komunikasi merupakan sebuah proses untuk memberikan informasi dari sumber kepada tujuan yang pada akhirnya melahirkan feedback (tanggapan atau umpan balik)
3. Motivasi
Fungsi komunikasi juga sebagai alat untuk memberikan motivasi kepada orang lain, fungsi motivasi dan control pada komunikasi, menurut saya agak hampir sama tujuannya, yaitu untuk memastikan, apakah orang lain tetap pada jalur yang kita inginkan atau tidak, jika fungsi kontrol menggunakan cara yang lebih force (memaksa dan memberikan konsekuensi2 nyata), fungsi motivasi lebih kepada cara-cara yang sifatnya soft, lembut namun biasanya langsung mengarah kepada nuraninya.
4. Ekspresi Emosi
Kita bisa menyampaikan apa yang emosi kita rasakan melalui komunikasi, pada level ini, kita biasanya hanya butuh untuk didengar untuk membagi beban emosi kita kepada orang lain, namun tak jarang kita mengharapkan advice dan tanggapan lisan dari orang lain
Wiiliam I. Gorden dalam Deddy Mulyana, (2005:5-30) mengkategorikan fungsi komunikasi menjadi empat, yaitu:
1. Sebagai komunikasi sosial
Fungsi komunikasi sebagai komunikasi sosial setidaknya mengisyaratkan bahwa komunikasi itu penting untuk membangun konsep diri kita, aktualisasi diri, untuk kelangsungan hidup, untuk memperoleh kebahagiaan, terhindar dari tekanan
6
dan ketegangan, antara lain lewat komunikasi yang bersifat menghibur, dan memupuk hubungan dengan orang lain. Melalui komunikasi kita bekerja sama dengan anggota masyarakat (keluarga, kelompok belajar, perguruan tinggi, RT, desa, negara secara keseluruhan) untuk mencapai tujuan bersama.
Pembentukan konsep diri
Konsep diri adalah pandangan kita mengenai diri kita, dan itu hanya bisa kita peroleh lewat informasi yang diberikan orang lain kepada kita. Melalui komunikasi dengan orang lain kita belajar bukan saja mengenai siapa kita, namun juga bagaimana kita merasakan siapa kita. Anda mencintai diri anda bila anda telah dicintai; anda berpikir anda cerdas bila orang-orang sekitar anda menganggap anda cerdas; anda merasa tampan atau cantik bila orang-orang sekitar anda juga mengatakan demikian.
            George Herbert Mead (dalam Jalaluddin Rakhmat, 1994) mengistilahkan significant others (orang lain yang sangat penting) untuk orang-orang disekitar kita yang mempunyai peranan penting dalam membentuk konsep diri kita. Ketika kita masih kecil, mereka adalah orang tua kita, saudara-saudara kita, dan orang yang tinggal satu rumah dengan kita. Richard Dewey dan W.J. Humber (1966) menamai affective others, untuk orang lain yang dengan mereka kita mempunyai ikatan emosional. Dari merekalah, secara perlahan-lahan kita membentuk konsep diri kita.
            Selain itu, terdapat apa yang disebut dengan reference group (kelompok rujukan) yaitu kelompok yang secara emosional mengikat kita, dan berpengaruh terhadap pembentukan konsep diri kita. Dengan melihat ini, orang mengarahkan perilakunya dan menyesuaikan dirinya dengan ciri-ciri kelompoknya. Kalau anda memilih kelompok rujukan anda Ikatan Dokter Indonesia, anda menjadikan norma-norma dalam Ikatan ini sebagai ukuran perilaku anda. Anda juga meras diri sebagai bagian dari kelompok ini, lengkap dengan sifat-sifat doketer menurut persepsi anda.
Pernyataan eksistensi diri
Orang berkomunikasi untuk menunjukkan dirinya eksis. Inilah yang disebut aktualisasi diri atau lebih tepat lagi pernyataan eksistensi diri. Fungsi komunikasi sebagai eksistensi diri terlihat jelas misalnya pada penanya dalam sebuah seminar. Meskipun mereka sudah diperingatkan moderator untuk berbicara singkat dan langsung ke pokok masalah, penanya atau komentator itu sering berbicara panjang lebarm mengkuliahi hadirin, dengan argumen-argumen yang terkadang tidak relevan.

7
Untuk kelangsungan hidup, memupuk hubungan, dan memperoleh kebahagiaan
Sejak lahir, kita tidak dapat hidup sendiri untuk mempertahankan hidup. Kita perlu dan harus berkomunikasi dengan orang lain, untuk memenuhi kebutuhan biologis kita seperti makan dan minum, dan memnuhi kebutuhan psikologis kita seperti sukses dan kebahagiaan.
Para psikolog berpendapat, kebutuhan utama kita sebagai manusia, dan untuk menjadi manusia yang sehat secara rohaniah, adalah kebutuhan akan hubungan sosial yang ramah, yang hanya bisa terpenuhi dengan membina hubungan yang baik dengan orang lain. Abraham Moslow menyebutkan bahwa manusia punya lima kebutuhan dasar: kebutuhan fisiologis, keamanan, kebutuhan sosial, penghargaan diri, dan aktualisasi diri. Kebutuhan yang lebih dasar harus dipenuhi terlebih dahulu sebelum kebuthan yang lebih tinggi diupayakan. Kita mungkin sudah mampu kebuthan fisiologis dan keamanan untuk bertahan hidup. Kini kita ingin memenuhi kebutuhan sosial, penghargaan diri, dan aktualisasi diri. Kebutuhan ketiga dan keempat khususnya meliputi keinginan untuk memperoleh rasa lewat rasa memiliki dan dimiliki, pergaulan, rasa diterima, memberi dan menerima persahabatan. Komunikasi akan sangat dibutuhkan untuk memperoleh dan memberi informasi yang dibutuhkan, untuk membujuk atau mempengaruhi orang lain, mempertimbangkan solusi alternatif atas masalah kemudian mengambil keputusan, dan tujuan-tujuan sosial serta hiburan.
2. Sebagai Komunikasi Ekspresif
Komunikasi berfungsi untuk menyampaikan perasaan-perasaan (emosi) kita. Perasaan-perasaan tersebut terutama dikomunikasikan melalui pesan-pesan nonverbal. Perasaan sayang, peduli, rindu, simpati, gembira, sedih, takut, prihatin, marah dan benci dapat disampaikan lewat kata-kata, namun bisa disampaikan secara lebih ekpresif lewat perilaku nonverbal. Seorang ibu menunjukkan kasih sayangnya dengan membelai kepala anaknya. Orang dapat menyalurkan kemarahannya dengan mengumpat, mengepalkan tangan seraya melototkan matanya, mahasiswa memprotes kebijakan penguasa negara atau penguasa kampus dengan melakukan demontrasi.
3. Sebagai Komunikasi Ritual
Suatu komunitas sering melakukan upacara-upacara berlainan sepanjang tahun dan sepanjang hidup, yang disebut para antropolog sebaga rites of passage, mulai dari upacara kelahiran, sunatan, ulang tahun, pertunangan, siraman, pernikahan, dan lain-
8
lain. Dalam acara-acara itu orang mengucapkan kata-kata atau perilaku-perilaku tertentu yang bersifat simbolik. Ritus-ritus lain seperti berdoa (salat, sembahyang, misa), membaca kitab suci, naik haji, upacara bendera (termasuk menyanyikan lagu kebangsaan), upacara wisuda, perayaan lebaran (Idul Fitri) atau Natal, juga adalah komunikasi ritual. Mereka yang berpartisipasi dalam bentuk komunikasi ritual tersebut menegaskan kembali komitmen mereka kepada tradisi keluarga, suku, bangsa. Negara, ideologi, atau agama mereka.
4. Sebagai Komunikasi Instrumental
Komunikasi instrumental mempunyai beberapa tujuan umum, yaitu: menginformasikan, mengajar, mendorong, mengubah sikap, menggerakkan tindakan, dan juga menghibur.
Sebagai instrumen, komunikasi tidak saja kita gunakan untuk menciptakan dan membangun hubungan, namun juga untuk menghancurkan hubungan tersebut. Studi komunika membuat kita peka terhadap berbagai strategi yang dapat kita gunakan dalam komunikasi kita untuk bekerja lebih baik dengan orang lain demi keuntungan bersama. Komunikasi berfungsi sebagi instrumen untuk mencapai tujuan-tujuan pribadi dan pekerjaan, baik tujuan jangka pendek ataupun tujuan jangka panjang. Tujuan jangka pendek misalnya untuk memperoleh pujian, menumbuhkan kesan yang baik, memperoleh simpati, empati, keuntungan material, ekonomi, dan politik, yang antara lain dapat diraih dengan pengelolaan kesan (impression management), yakni taktik-taktik verbal dan nonverbal, seperti berbicara sopan, mengobral janji, mengenakankan pakaian necis, dan sebagainya yang pada dasarnya untuk menunjukkan kepada orang lain siapa diri kita seperti yang kita inginkan.
Sementara itu, tujuan jangka panjang dapat diraih lewat keahlian komunikasi, misalnya keahlian berpidato, berunding, berbahasa asing ataupun keahlian menulis. Kedua tujuan itu (jangka pendek dan panjang) tentu saja saling berkaitan dalam arti bahwa pengelolaan kesan itu secara kumulatif dapat digunakan untuk mencapai tujuan jangka panjang berupa keberhasilan dalam karier, misalnya untuk memperoleh jabatan, kekuasaan, penghormatan sosial, dan kekayaan.
Berkenaan dengan fungsi komunikasi ini, terdapat beberapa pendapat dari para ilmuwan yang bila dicermati saling melengkapi. Misal pendapat Onong Effendy (1994), ia berpendapat fungsi komunikasi adalah menyampaikan informasi, mendidik, menghibur, dan mempengaruhi.
9
Sedangkan Harold D Lasswell (dalam Nurudin, 2004 dan Effendy, 1994:27) memaparkan fungsi komunikasi sebagai berikut:
• Penjajagan/pengawasan lingkungan (surveillance of the information) yakni penyingkapan ancaman dan kesempatan yang mempengaruhi nilai masyarakat.
• Menghubungkan bagian-bagian yang terpisahkan dari masyarakat untuk menanggapi lingkungannya
    Menurunkan warisan social dari generasi ke generasi berikutnya.
Disini, juga dijelaskan bagaimana peran komunikasi dalam kehidupan budaya masyarakat, disitu diajarkan tentang kearifan lokal yang merupakan salah satu dimensi dari desa berketahanan social yaitu mampu memelihara kearifan lokal dalam mengelola sumber daya alam dan sumber daya sosial. Dalam rangka mencapai dimensi tersebut kita perlu mengetahui apa manfaat dari kearifan local itu sendiri.
Banyak yang sepakat bahwa sesungguhnya tradisi-tradisi lokal dan kebudayaan lokal (kearifan local) sarat dengan nilai-nilai humanistik, yang jika tidak terkontaminasi dengan nilai-nilai luar masih efektif sebagai solusi konflik. Dan jika kearifan lokal tetap dipelihara ,dapat menunjang salah satu dimensi desa berketahanan social, yaitu mampu mengendalikan konflik social/ tindak kekerasan social. Oleh karena itu diperlukan komunikasi yang efektif dalam menjaga kearifan local tersebut.
Dalam kebudaayaan Jawa, misalnya prinsip harmoni , hingga saat ini diduga menjadi salah satu kekuatan yang bisa meredam konflik yang eksplosif. Inilah sebabnya mengapa di wilayah subkultur Mataram kadar konflik social relative rendah meskipun secara politik dan ekonomi potensial untuk konflik.
Humaniora yang bersumber dari kearifan local semacam itu, kiranya juga dimiliki oleh setiap kebudayaan di daerah. Oleh karena itu, berbagai upaya untuk mengidentifikasi nilai-nilai lokal yang humanistik perlu dilakukan, untuk kemudian diinternalisasikan melalui pendidikan keluarga maupun pendidikan sekolah. Reaktualisasi kearifan local semacam ini lambat laun juga akan menjadi dasar dalam etika pergaulan social. Dan oleh karena kearifan lokal itu sarat mengandung humanisme maka akan dapat terjadi cross cutting dalam pergaulan kebudayaan antar daerah di lingkup nasional, sebab humanisme bersifat universal. Proses ini nantinya akan menimbulkan perimpitan antar nilai dari pelbagai daerah sehingga potensial menjadi identitas kebudayaan nasional. Tetapi hanya sebatas menyatakan bahwa dua pihak sama-sama mengerti makna dari pesan yang dipertukarkan itu.
10
Maka dsinilah seringkali antara dua posisi ini selalu dipertemukan, yaitu sosial budaya. Karena memang disetiap ada masyarakat sosial disitu pula terbentuklah sebuah budaya, maka kedua hal ini sangat sulitlah untuk dipisahkan.
Dengan keseiringan tersebut, maka akan sangat mudah bagi masyarakat dalam memerankan dirinya untuk berinteraksi dengan sesamanya sesuai peranan fungsi komunikasi dilingkungan masyarakat tersebut. Sehingga antara social dan kebudayaan masyarakat tidak akan berjalan timpang. Melainkan sejajar dalam satu langkah. Sehingga terpadulah juga masyarakat social yang berbudaya tersebut akibat terlaksanakannya fungsi komunikasi diantanya dengan baik.
























11
BAB III
PENUTUP

3.1 KESIMPULAN
Setelah membaca keseluruhan dari tulisan diatas maka maksud yang akan disampaikan tak lain adalah fungsi komunikasi dalam kehidupan masyarakat. Dimana beberapa fungsinya yang perlu kita ingat sebagai dasar interaksi dalam kehidupan kita yaitu:
1. control
2. informasi
3. motivasi
4. ekspresi emosi
Dan sebagai fungsi acuan dari keempat tersebut, maka patutlah juga mengetahui beberapa fungsi komunikasi dibawah ini:
1. Sebagai komunikasi sosial
            Pembentukan konsep diri
            Pernyataan eksistensi diri
Untuk kelangsungan hidup, memupuk hubungan, dan memperoleh kebahagiaan
2. Sebagai Komunikasi Ekspresif
3. Sebagai Komunikasi Ritual
4. Sebagai Komunikasi Instrumental
            Maka dengan mengetahui lebih dalam tentang fungsi komunikasi tersebut kita akan lebih mudah mengaktualisasikannya dalam kehidupan kita dilingkungan masyarakat.

3.2 SARAN
            Setelah kita mengetahu arti, peran, fungsi komunikasi bagi kita. Maka, sepantasnyalah kita berusaha memperbaiki hubungan atau interaksi diri kita terhadap orang lain. Dengan cara menerapkan prilaku atau cara komunikasi kita sesuai dengan fungsi yang sudah kita ketahui.
Sehingga nanti dengan ramah komunikasi sesuai fungsi yang berlaku, tidak akan ada lagi kesalah pahaman atau pertengkaran yang banyak diakibatkan karena
12
salah tafsir antara apa yang kita komunikasikan. Atau apa yang menjadi tindakan kita dalam berinteraksi dengan masyarakat sosial.
            Dan tidak lupa, gunakanlah bahasa atau berkomunikasilah dengan baik. Karena komunikasi seseorang itu menunjukkan sebuah prilaku dari orang tersebut, sebaliknya prilaku seseorang itu menggambarkan bagaimana ia berkomunikasi. Maka atas landasan tersebut, serasikanlah antara komunikasi dan prilaku kita. Agar jauh dari tindakan yang menyimpang atau prilaku yang tidak diinginkan dalam ranah kehidupan social masyarakat kita.

























13
DAFTAR PUSTAKA

Mulyana, Deddy. 2004. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung:Remaja Rosdakarya.
Mulyana, Deddy. 2004. Komunikasi Populer, Kajian Komunikasi dan Budaya. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.
Ngurah Putra, IG. “Perkembangan Ilmu Komunikasi di Indonesia, Catatan di Sekitar Kendala”
Uchjana Effendy, Onong. 1994. Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar